Selasa, 12 November 2013

Tulisan Paragraf Induktif



Masalah Perekonomian di Indonesia
Masalah perekonomian Indonesia mulai dari masalah deflasi,inflasi dan ada beberapa sektor ekonomi riil, seperti industri rumah tangga,pangan, maupun jasa yang masih mengalami hambatan. Selain itu bila ingin menghubungkan masalah perekonomian Indonesia dengan pengangguran dan kemiskinan bisa dibilang kondisi perekonomian Indonesia jauh dari baik ataupun stabil. Masalah pengangguran menjadi salah satu masalah paling fundamental yang tidak bisa diselesaikan di Indonesia. Karena semakin hari pengangguran semakin bertambah sedangkan lapangan kerja yang tersedia hanya sedikit.  
Secara umum tidak ada satupun negara yang berhasil membebaskan negaranya 100% dari pengangguran. Walaupun memang pengangguran ini akan memiliki dampak negatif yang lebih besar. Ada beberapa usaha Pemerintah untuk mengatasi hal ini tapi seringkali mengalami kendala.Yang pertama dilakukan adalah dengan mengatasi masalah kependudukan, dan kedua dengan memberikan  mengarahkan pendidikan sumber daya ke arah yang lebih baik. Bila kembali diulas dari maslah inflasi memang maslah tersebut lebih mengarah pada suatu kesimpulan bahwa inflasi itu sesuatu yang berbahaya dan buruk bagi perekonomian. Tidak jarang pula inflasi harus menjadi penyebab gagalnya berbagai kegiatan ekonomi suatu negara.   
Saat ini pun Indonesia kalah dengan India yang saat ini menjadi kekuatan ekonomi Asia yang sangat diperhitungkan, disamping Cina dan Jepang. Beberapa Negara Asia tersebut mulai mencoba mengetaskan masalah perekonomian dengan berbagai cara. Negara tersebut tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun jika mereka bisa kenapa kita tidak mencoba. Jadi itulah beberapa masalah perekonomian yang tidak bisa diselesaikan di Indonesia yang sampai dengan saat ini masih belum bisa diselesaikan.

Note : Untuk keterangan Khusus tulisan diberi warna kuning
           Untuk keterangan Umum tulisan diberi warna biru

Paragraf Induktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan yang bersifat khusus kemudian diakhiri dengan kalimat utama dan memuat pernyataan yang bersifat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar