Selasa, 12 November 2013

Tulisan Paragraf Deduktif



EKSPOR dan IMPOR
Ekspor impor merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Ekspor adalah salah satu kegiatan menjual barang dan jasa ke negara lain sedangkan impor adalah suatu kegiatan membeli barang atau jasa dari negara dari negara lain. Ekspor dan impor tak akan lepas dari yang namanya devisa yaitu masuknya uang ke negara dan dpat digunakan untuk membayar pembelian atas impor dan jasa dari luar negeri.
Ada berbagai macam produk ekspor Indonesia mulai dari hasil pertanian, perikanan, hasil industri bahkan dari segi jasa. Dari segi pertanian yang kita tahu Indonesia memiliki berbagai macam hasil alam seperti rempah-rempah. Indonesia dikenal dengan tanahnya yang subur yang tidak semua negara bisa memilikinya. Keadaan cuacanya tropis yang semua hasil alam bisa tumbuh dengan subur. Selain itu dari segi perikanan Indonesia memiliki berbagai macam jenis ikan. Adapun dari segi industri Indonesia mengimpor barang berupa pupuk, semen, tekstil, dan pakain. Yang terakhir dari segi jasa, Indonesia mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negri yang biasa disebut tki (tenaga kerja Indonesia). Yang sampai saat ini Indonesia menjadi salah satu negara pengirim tenaga kerja terbanyak.Adapun barang-barang yang diimpor dari negara lain hanya beberapa bahan pendukung untuk kegiatan industri maupun kegiatan ekonomi lainnya. Walaupun memang sekarang keadaan sedang genting karena impor dari negara yang lebih besar dibanding dengan kegiatan ekspornya.
Ada berbagai manfaat dilakukannya ekspor impor bagi Indonesia selain dapat memenuhi kebutuhan masyarkat ekspor impor juga dapat meningkatkan pendapatan negara karena adanya devisa dan juga dapat meningkatkan ekonomi rakyat dari mulai segi ekonomi kecil maupun ekonomi besar. 


Note : Untuk keterangan umum dapat dilihat pada tulisan yang diberi warna merah
           Untuk keterangan khusus daat dilihat pada tulisa yang diberi warna hijau 

Paragraf Deduktif adalah :  Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokok atau kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan selanjutnya di ikuti oleh kalimat kalimat penjelas untuk mendukung kalimat utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar